May 102011
 

Selama tahun ajaran, siswa akan menghadapi dan mengikuti berbagai macam tipe ujian. Pihak sekolah berharap para siswa dapat tenang dan percaya diri dalam menghadapi ujian yang diadakan, sedikit banyak akan menetukan hasil dari ujian. Peranan orang tua cukup penting dalam membantu putra-putrinya mempersiapkan ujian tersebut.

Peranan orang tua dapat dilakukan dalam bentuk sebelum ujian dan saat ujian berlangsung. Sebelum ujian orang tua dapat mendiskusikan betapa pentingnya ujian tersebut karena ujian dibuat untuk membantu siswa belajar lebih baik.

Orang tua sebaiknya memotivasi putra-putrinya untuk serius dalam mengerjakan tes dan berbuat yang sebaik mungkin. Akan tetapi, orang tua harus dapat meyakinkan putra-putrinya bahwa mereka tidak akan mendapat masalah dari orang tuanya akibat jawaban yang salah saat ujian.

Hal yang sering menjadi kesalahan klasik baik dari orang tua dan guru adalah adanya penekanan terhadap hasil test. Tekanan yang biasa diberikan orang tua atau guru adalah berupa janji pemberian hadiah jika mendapatkan hasil yang baik, sebaliknya hukuman ketika hasilnya tidak memuaskan. Hukuman dan hadiah adalah dua hal yang ikut menambah tekanan siswa dalam menghadapi ujian sekolah. Belajar mempersiapkan ujian saja sudah cukup berat bagi mereka, tidak perlu ditambah tekanan tersebut berupa janji. Jika ingin memberikan hadiah kepada mereka sebaiknya tanpa memberikan embel-embel jika hasil ujiannya memuaskan. Hal terpenting dari pemberian hadiah adalah dimaksudkan sebagai penghargaan atas upaya keras dari mereka, bukan hasil mereka. Hal ini akan menambah kepercayaan diri mereka dalam belajar.

Gaya belajar setiap anak adalah unik, bahkan setiap anak memiliki keunikannya sendiri. Para orang tua dan guru harus menyadari keunikan tersebut dan mampu menghargainya.

Hal lain yang dapat dilakukan orang tua adalah memastikan putra-putrinya cukup istirahat menjelang ujian. Sarapan sebagai important meal of the day jangan sampai lupa, tentu kita tidak mau putra-putri kita berpikir keras saat perut kelaparan bukan?. Para orang tua juga harus dapat memahami putra-putri sedikit gelisah menghadapi ujian.

Sukses ujian sekolah bukan hanya tanggung jawab siswa yang mengerjakannya, tetapi juga para orang tua yang mendukung mereka. H

 Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>