Program Sekolah

 

Program Sekolah di SMP Azhari Islamic School Lebak Bulus didesain untuk menunjang kualitas lulusan yang dapat menjadi pemimpin di masa depan. Kulitas lulusan diharapkan selain memiliki kemampuan akademik yang tinggi juga memiliki dan menerapkan nilai-nilai Islam secara menyeluruh.

Dalam mencapai kualitas lulusan tersebut maka siswa akan mengikuti program-program sekolah selama tiga tahun yang meliputi:

1. POWER (Pekan Orientasi Siswa dan Perkenalan Azhari Islamic School)

POWER adalah nama dari masa orinetasi siswa di SMP Azhari Islamic School Lebak Bulus (SMP AIS-LB). Kegiatan ini wajib diikuti seluruh calon siswa SMP AIS-LB yang baru. Kegiatan ini dilakukan selama satu pekan di awal tahun ajaran baru. Selain perkenalan tentang sekolah di dalam kegiatan ini siswa juga dibekali tentang metode belajar yang akan digunakan selama di SMP AIS-LB. Kegiatan ini akan ditutup dengan pelantikan dan pengukuhan sebagai siswa SMP AIS-LB dengan menginap selama satu malam di sekolah.

2. Social Market Day

Kegiatan ini merupakan integrasi dari beberapa pelajaran termasuk di dalamnya pelajaran IPS. Kegiatan ini bertujuan menumbuhkan jiwa wirausaha dan sekaligus kepekaan sosial. Di dalam kegiatan ini siswa belajar berjualan, siswa akan belajar dari proses perencanaan, proses marketing, proses tawar menawar, proses evaluasi dan menghitung pendapatan yang diperoleh. Siswa juga akan belajar kepekaan sosial karena siswa akan menjual barang kepada para dhuafa.

3. MaBiTa (Malam Bina Iman Taqwa)

Kegiatan rutin dalam setiap semester ini bertujuan untuk menanamkan pola karakter yang baik. Di dalam kegiatan ini para siswa akan menginap selama satu malam. Selama menginap siswa akan diajak untuk mentadabburi Al Qur’an, Siswa juga akan diajak melakukan sholat malam bersama. Dalam kegiatan ini diharapkan di dalam diri siswa tertanam kecintaan akan beribadah sekaligus mengenal teman-temannya serta menumbuhkan sikap kemandirian.

4. PeSiAr (Pesantren Siswa Azhari)

Pesiar adalah kegiatan pesantren kilat yang khusus diadakan di penghujung bulan Ramadhan. Kegiatan ini diadakan untuk menanamkan kecintaan beribadah terutama di 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

5. FieldTrip

Fieldtrip diadakan setiap satu semester satu kali. Kegiatan ini untuk menunjang pembelajaran yang telah dilakukan di kelas. Siswa diharapkan belajar tentang menerapkan ilmu yang telah diajarkan di kelas. Siswa juga diharapkan dapat menambah wawasannya tentang dunia profesi.

6. Student’s Election

Kegiatan student’s election adalah kegiatan pemilihan ketua student’s council atau yang lebih dikenal sebagai OSIS. Kegiatan ini dilakukan untuk mengajarkan demokrasi yang baik. Kegiatan student’s election didesain secara unik, dimana siswa diharapkan melakukan kampanye baik secara lisan dan tulisan kepada seluruh warga sekolah. Akhir kampanye ditutup dengan debat kandidat. Pemilihan dilakukan secara jujur dan adil.

7. Student’s Research

Student’s research adalah kegiatan penelitian yang dilakukan siswa secara mandiri. Siswa diharapak mampu melakukan penelitian sederhana dari pelajaran yang telah diajarkan. Hasil akhir dari penelitian siswa adalah penulisan karya ilmiah yang harus dipertanggungjawabkan dalam presentasi sidang karya tulis siswa. Dengan kegiatan ini diharapkan siswa memiliki kemampuan melakukan penelitian secara sederhana dan mampu membuat sebuah karya ilmiah.

8. Student’s performance

Kegiatan ini berberangan dengan kegiatan buka bersama seluruh keluarga besar Azhari Lebak Bulus. Dalam kegiatan ini siswa baik secara berkelompok ataupun individual melakukan pertunjukkan bakat dan kemampuannya yang dibimbing oleh wali kelasnya di depan para Orang tua dari KB TK, SD dan SMP Azhari Islamic School Lebak Bulus.

© 2011 Azhari Islamic School Lebak Bulus - Junior High