Dec 312013
 

Suasana panas hari Kamis, tanggal 21 November 2013, tidak mengurangi semangat siswa-siswi kelas VIII untuk menimba pelajaran di luar sekolah. Hari ini mereka akan mengunjungi BATAN dan Pabrik Kecap Kurma.

BATAN adalah singkatan dari Badan Tenaga Nuklir Nasional. BATAN adalah lembaga Pemerintah Non Departemen, berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Preside dan dikoordinasikan oleh Menteri Negara Riset dan Teknologi. Tugas pokok BATAN adalah melaksanakan tugas pemerintahan di bidang penelitian, pengembangan dan pemanfaatan tenaga nuklir, Lokasi BATAN tidak terlalu jauh, yaitu di Pasar Jum’at.
Selain mendapat menjelasan mengenai seputar nuklir dan kiprah BATAN, siswa kelas VIII juga menyaksikan tanyangan film tentang energy dan memasuki ruang pameran di BATAN. Ternyata Nuklir bukan hanya untuk membuat bom atom, tetapi juga digunakan untuk kesejahterahaan manusia. Manfaat nuklir Antara lain untuk sumber energy, kesehatan dan pertanian.
Setelah makan siang dan sholat dzuhur, rombongan siswa yang didampingi 4 guru segera menuju pabrik kecap Cap Kurma. Awal berdirinya pabrik kecap Kurma merupakan home industry, tetapi sekarang berkembang menjadi pabrik yang terletak di Petukangan Selatan. Bahan utama kecap adalah kedelai dan gula merah. Pembuatan kecap memakan waktu berbulan-bulan untuk proses fermentasi. Distribusi pemasaran ke seluruh Indonesia, yang menarik lagi 2.5 % dari pendapatan PT Cap Kurma akan dinfaqkan. Patut kita contoh itu.

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)