Dec 312013
 

1. SANGGABUANA

Siswa kelas VII begitu antusias menikuti kegiatan fieldtrip untuk pertama kalinya. Sepanjang perjalanan diiringi dengan tawa dan canda, tak begitu lama sampailah rombongan ketempat yang dituju, hanya sebentar ± 10 menit perjalanan dari sekolah.

Memasuki wilayah yang asri ditengah kepadatan pemukiman penduduk, siswa SMP Azhari bagaikan menemukan oase ditengah keringnya kota Jakarta. Disambut dengan begitu ramah oleh sosok yang penuh charisma dan senyuman, Babe Idin panggilannya. Ia beserta 16 orang lainnya merupakan pendiri dari tempat ini, Sanggabuana nama tempat yang begitu asri ini.

Setelah berkenalan dan mengetahui sejarah singkat tempat yang didirikan pada 17 Februari 1998 ini yang dahulunya bernama KTLH(Kelompok Tani Lingkungan Hidup) Bambu Kuning memiliki satu misi yaitu menyelamatkan kota Jakarta tercinta agar anak cucu mereka kelak masih dapat merasakan alam yang asri dan penuh keteduhan.

 

Siswa SMP Azhari grade VII diberikan kesempatan untuk melepas ikan ke sungai sebagai bentuk “Sedekah Sungai” guna melestarikan ekosistem yang ada disungai, kemudian siswa diajak melakukan “Mini Tour” untuk melihat peternakan yang dimiliki Sanggabuana seperti kelinci, ayam hingga kuda “Sabu”. Masuk ke hutan kota dan mengenal berbagai jenis pohon beserta kegunaannya, lalu melihat lahan pengolahan limbah padat menjadi pupuk cair yang masih dapat dimanfaatkan serta secara cepat mengurangi tumpukan sampah yang menggunung dan sulit untuk terurai didalam tanah.

 

Didalam hutan kota Sanggabuana banyak ditanam pohon bambu yang selain memiliki nilai ekonomis namun juga memiliki banyak manfaat bagi lingkungan yaitu sebagai penyerap polusi udara yang ada di Jakarta. Masing-masing anak juga berkesempatan untuk menanam pohon bambu di hutan kota Sanggabuana.

Diakhir kunjungan yang berharga ada sepenggal nasehat dari sosok babe Idin “Sang Jawara” Pelestari lingkungan hidup, “Bahwa Alam ini bukan milik kita, namun warisan untuk anak cucu kita kelak maka jagalah alam ini dengan sebaik-baiknya sebagai bentuk syukur kita atas nikmat yang diberikan olehNya”.

Selesai berbincang banyak dengan babe idin dan pengurus Sanggabuana, Siswa SMP Azhari beserta guru berpamitan untuk melanjutkan perjalanan ke lokasi selanjutnya, banyak pengalaman berharga dari sosok Babe Idin.

 

 

 

2. PUSAT BUDIDAYA PERIKANAN (PUSDAKAN) CIGANJUR

 

Begitu rombongan datang, disambut hamparan kolam ikan yang begitu luas dan bertingkat, meski cuaca begitu terik namun tak menyurutkan semangat siswa SMP Azhari grade VII untuk mempelajri banyak hal di tempat ini. PUSDAKAN (Pusat Budidaya Perikanan) yang berada di kawasan Ciganjur ini adalah tujuan Fieldtrip selanjutnya. PUSDAKAN dibawah Dinas Kelautan dan Pertanian Pemprov DKI Jakarta ini memiliki luas ±10 Hektar. Disini merupakan tempat penelitian dan pembudidayaan beragam jenis ikan jenis air tawar seperti ikan mas, lele, gurame, nila, dll.

PUSDAKAN juga memberikan banyak pelayanan berupa penyediaan beragam bibit ikan siap panen bagi masyarakat yang membutuhkan baik untuk konsumsi maupun untuk dibudidayakan kembali.

 

Siswa SMP Azhari grade VII diajak untuk mengenal beragam jenis ikan, baik dari air tawar maupun laut, kemudian siswa juga diberikan kesempatan untuk praktek membedah ikan secara langsung dan mempelajari anatomi serta sistem organ yang dimiliki oleh ikan.

Setelah puas dengan praktek langsung, siswa diajak berkeliling komplek PUSDAKAN yang sangat luas serta memberikan pakan langsung kepada ikan yang dipandu oleh salah satu pegawai PUSDAKAN Ciganjur.

Setelah puas berkeliling komplek dan bertanya banyak hal seputar budidaya perikanan, kegiatan ditutup dengan pembagian bingkisan dari PUSDAKAN berupa beberapa ekor ikan untuk para siswa.

Sungguh perjalanan di Fieldtrip pertama ini sangat mengesankan dan penuh pelajaran berharga. Karena tanggungjawab untuk menjaga alam ini adalah tanggungjawab kita semua. (ASR)

 

SAVE OUR EARTH

 Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)