Berkunjung ke kantor KPK dan Media Indonesia

Bagaimana jika ingin belajar tentang pencegahan korupsi dan membuat media massa seperti surat kabar, yang tepat datang ke ahlinya. Nah, dalam rangka menambah pengetahuan siswa dalam pencegahan korupsi dan juga tentang bagaimana dunia media massa maka siswa kelas VII SMP Azhari Lebak Bulus berkunjung ke kantor KPK dan juga kantor media Indonesia.

Kegiatan rutin tiap semester yang dilakukan siswa-siswi SMP Azhari adalah Fieldtrip,mengambil tema Korupsi dan media massa maka dua tempat tadi (KPK dan kantor media Indonesia) jadi pilihan tempat belajar.

Siswa berangkat menuju kantor KPK berjumlah 16 siswa dengan didampingi 4 orang guru pendamping. Target pertama adalah kantor KPK di wilayah Kuningan. Di kantor KPK siswa kelas VII bertemu dengan bagian edukasi. Siswa diajarkan tentang karakter yang dapat menyebabkan seseorang menjadi koruptor dan juga karakter yang dapat mencegahnya. Karakter tersebut antara lain:

 

  1. Adil,
  2. Jujur,
  3. Peduli,
  4. Tanggung jawab,
  5. Mandiri,
  6. Berani,
  7. Disiplin,
  8. Kerja keras,
  9. Kreatif.

Di kantor KPK siswa juga dijelaskan tentang fungsi dan tanggung jawab KPK serta dasar pendiriannya, serta bagaimana mencegah suatu tindak korupsi. Sebagai oleh-oleh dari kantor KPK siswa mendapatkan komik memburu korupsi yang diterbitkan oleh KPK sebagai media belajar siswa.

Setelah belajar di kantor KPK maka siswa SMP Azhari Lebak Bulus berangkat menuju ke kantor Media Indonesia di Jakarta Barat. Di Media Indonesia rencananya siswa akan belajar tentang bagaimana sebuah berita dibuat lalu bagaimana bisa menjadi sebuah koran.

Tiba di kantor Media Indonesia, rombongan SMP Azhari Lebak Bulus diterima oleh pemimpin redaksi Media Indonesia beserta stafnya. Rombongan diterima di ruang rapat redaksi Media Indonesia.

Setelah mendapat paparan bagaimana sejarah Media Indonesia, siswa diperkenalkan dengan dunia media massa. Siswa dijelaskan tentang bagaimana proses sebuah kejadian menjadi sebuah berita yang menarik. Dan banyak hal lainnya tentang dunia perberitaan. Setelah selesai penjelasan di ruang rapat, para siswa diajak menuju ke bagian redaksi, dimana para wartawan sibuk membuat berita yang akan segera dimuat di Koran Media Indonesia hari itu. Para siswa diajak berkenalan dengan berbagai kolom dalam berita di media Indonesia seperti bagain olahraga, bagian dunia internasional dan banyak lainnya. Selain itu juga, siswa diajak ke bagain setting dan layout yang mengatur tata letak Koran yang akan terbit.

Setelah puas berkeliling di seluruh bagian Media Indonesia, siswa menjadi banyak tahu tentang dunia media massa maka waktunya untuk pamit menuju kembali ke Sekolah sambil mengerjakan tugas laporan hasil perjalanan sebagai bukti hasil pembelajaran siswa.

    1 Comment

  1. syifa ramadhani
    January 22, 2013
    Reply

    waaah, nyesel keluar azhari, guys i miss you 😀

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar