FieldTrip ke ANRI dan YKK

Siswa SMP Azhari mengambil hikmah sejarah dan suka berkreasi, itulah tema yang diambil dalam FieldTrip kelas VIII kali ini. Menghargai sejarah adalah bagian penting dalam belajar di SMP Azhari, Karena siswa diajarkan untuk dapat mengambil hikmah dari sejarah yang pernah terjadi.

 

Untuk dapat mengambil hikmah sejarah, maka siswa harus dapat mengen al sejarah terutama sejarah bangsanya. Gedung Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menjadi tujuan siswa-siswi kelas VIII dalam mengetahui sejarah bangsanya. Gedung ANRI kebetulan adalah tempat penyimpanan bukti-bukti sejarah bangsa Indonesia,dari masa kolonialisme sampai dengan masa sekarang.

 

Siswa SMP Azhari berangkat menuju ke Gedung ANRI di daerah Tebet dengan didampingi 4 orang guru. Bagian yang dituju adalah bagian diorama yang menggambarkan tentang sejarah perjalanan bangsa Indonesia sejak masa kolonialisme di Nusantara, masa perjuangan kemerdekaan, masa mempertahankan kemerdekaan sampai masa reformasi.  Dalam diorama tersebut ditampilkan bukti-bukti sejarah yang ada, misalnya bukti perjanjian Konferensi meja bundar berupa hasil KMB tersebut dalam tiga bahasa. Siswa juga ditunjukkan foto-foto masa lalu sejarah bangsa Indonesia, serta diperdengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya versi dahulu dan versi yang sekarang yang ternyata berbeda. Masa pemberontakan PKI juga ditampilkan bukti video pengangkatan jenazah dari sumur di daerah Lubang Buaya. Dalam era reformasi ditampilkan juga masa peralihan dari Presiden Soeharto ke BJ Habibibier berikut bukti audio pengunduran beliau. Bagian akhir adalah pemutaran video sejarah perjalanan bangsa Indonesia.

 

Setelah selesai berkunjung di bagian diorama gedung ANRI, siswa kelas VIII dan guru pendamping menuju ke YKK di daerah Cimanggis Depok.

 

Di pabrik YKK para siswa mendapatkan informasi awal tentang apa YKK dan produk yang dihasilkannya. Para siswa di ajak ke dalam fasilitas fastening experience, sebuah fasilitas yang sengaja didirikan oleh YKK untuk menunjukkan produk YKK. Di fasilitas fastening experience ini siswa dikenalkan berbagai produk YKK tidak hanya resleting tapi ada juga Snap and button, dan textile & plastic part.

 

Banyak para siswa termasuk guru mengenal YKK hanya dari resleting yang di buatnya, tapi ternyata variasi yang telah dibuat di YKK sangat mengagumkan. Bahkan penggunaan nya pun tiak seperti biasa seperti pagar penahan minyak, tangki yang dapat dilipat, bahakan pakaian luar angkasa pun memakai produk YKK dan juga da unit darurat, dan ternyata ada juga tenda yang khusus di buat untuk di daerah gurun yang telah digunakan orang Jepang yang bertugas sebagai relawan di daerah gurun.

 

Setelah puas melihat produk YKK siswa juga diajak melihat pabrik YKK serta melihat proses pembuatan produk YKK.

 

Setelah puas dengan semuanya ternyata masih ada kegiatan yang lain yaitu design gelang yang secara khusus dibuat oleh para siswa. Para siswa diajak berkreasi membuat gelang tangan dengan menggunakan produk YKK. Dan ada Quicklon Attack, kegaiatn yang sangat menyenangkan siswa bias menempel di dinding khusus setelah memakai pakaian yang khusus juga tentunya. Seluruh kegiatan di YKK sangat menyengakan bagi siswa terlihat dalam ekspresi para siswa dalam mengikutinya.

 

Setelah puas dan lelah di YKK, akhirnya siswa menutup kegiatan Fieltrip di semester 1 ini dan kembali ke sekolah dengan rasa puas.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar