FieldTrip ke BMKG dan Bayt Al Qur’an

Belajar tak mesti di kelas, juga tak mesti duduk diam, masih banyak tempat yang bisa dijadikan sarana belajar. Memegang paradigma tersebut maka semester 2 ini siswa-siswi SMP Azhari kembali jalan-jalan sambil belajar, belajar sambil jalan-jalan atau Fieldtrip. Fieldtrip semester 2 diadakan pada 1 maret 2011

Fieldtrip kali ini SMP Azhari mengunjungi kantor BMKG pusat di daerah Kemayoran. Dipilihnya BMKG karena pelajaran yang sedang diajarkan mengenai iklim, cuaca dan gempa, jadinya sangat berkaitan erat dengan BMKG bukan.

BMKG memberikan penjelasan yang banyak mengenai ramalan cuaca termasuk alat-alat yang digunakan, tapi tetap saja ramalan yang menentukan Allah begitu kata petugasnya. Selain cuaca juga ada lab polusi udara, ternyata kandungan udara di Jabotabek sangat mengkhawatirkan dilihat dari hasil penelitian yang dilihat oleh siswa SMP Azhari.

Goyang-goyang mengasyikkan dirasakan oleh siswa dan guru di simulator gempa bumi. Di sini diajarkan tentang gempa bumi, bahkan merasakan gempa di padang yang pernah terjadi beberapa waktu silam. Pesan yang penting diajarkan adalah ketika gempa jangan panik, berikut adalah kiat yang diajarkan petugas BMKG ketika ada gempa:

1. Panik; dilarang keras

2. Jika ada gempa usahakan bagian kepala harus terlindungi, gunakan tangan atau tas.

3. Jika kita berada dalam ruangan dan sulit keluar, berlindunglah di bawah benda kuat misalnya meja, jika tidak ada meja maka berdirilah merapat ke dinding yang diperkirakan kuat, seperti bagian tiang bangunan.

4. Hindari menggunakan lift atau eskalator, berbahayaaaa.

5. Jika berhasil keluar gedung, carilah tempat lapang dan duduk atau berjongkok.

6. Jangan lupa membaca do’a kepada Allah Swt

Satu lagi kata petugas BMKG jangan pernah percaya adanya ramalan gempa, karena tidak pernah ada alat sampai saat ini yang bisa memprediksi terjadinya gempa bumi.

di museum bayt Al qur'anSelain ke BMKG siswa SMP Azhari juga jalan-jalan sambil belajar, belajar sambil jalan-jalan ke museum Bayt Al Qur’an di TMII. Di sini kita dapat melihat ratusan koleksi Al qur’an dari berbagai wilayah di Indonesia, dari yang paling kecil hingga yang paling besaaaaar. Mudah-mudahan dengan berkunjung ke Bayt Al qur’an tambah cinta dengan Al qur’an dan makin rajin muraja’ahnya.

    1 Comment

  1. Arifudin
    December 14, 2016
    Reply

    yuk bantu saudara-saudara kita yang menjadi korban gempa dengan cara berdonasi gempa aceh semoga para korban diberi ketabahan dan kesabaran.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar