PELATIHAN MENDETEKSI DAN MENGATASI HAMBATAN DAN KESULITAN BELAJAR SISWA

Dalam rangka pengembangan SDM terutama guru, Azhari Islamic School mengadakan pelatihan guru pada tanggal 18 Februari 2012. Materi yang diberikan dalam pelatihan kali ini adalah tentang bagaimana mendeteksi dan mengatasi hambatan dan kesulitan belajar siswa. Sebagai pembicara dalam pelatihan ini adalah Dra Tri Wiadini, Psi, psikolog yang telah berpengalaman di banyak sekolah di Jakarta.

 

Pelatihan rutin yang diadakan di Azhari Islamic School bertujuan untuk memberikan bekal bagi para guru dalam mendidik. Dipilihnya materi tersebut sebagai bagian dari komitmen Azhari Islamic School dalam memberikan layanan edukasi yang baik sehingga bias membatu para siswa. Pelatihan ini dihadiri seluruh guru dari unit SMP, SD dan TK Azhari Islamic School Lebak Bulus.

 

Dari pelatihan tersebut diketahui bahwa kesulitan belajar siswa dapat disebabkan dari dalam diri siswa maupun dari luar diri siswa. Faktor diri siswa dapat berupa gangguan atau kekurangmampuan psikofisik yang bersifat kognitif, afektif maupun pikomotor. Sedangkan factor luar diri siswa dapat meliputi situasi dan kondisi lingkungan, keluarg, maupun lingkungan masyarakat seperti teman, kumuh. Semua factor tersebut adalah factor umum. Factor khusus dapat berupa disleksia, disgrafia dan diskalkulasi.

 

Dalam pelatihan yang diadakan ini guru juga dibekali cara mendiagnostik dan melakukan pendekatan terhadap siswa-siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar. Diharapkan dengan adanya pelatihan kali ini guru dapat lebih tepat lagi dalam memberikan solusi bagi permasalahan belajar siswa.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar