PERKEMAHAN NASIONAL (KEMNAS) II

SMP Azhari Islamic School Lebak Bulus mengikuti kegiatan Perkemahan Nasional (KEMNAS II) di Bumi Perkemahan Cibubur 11 – 14 Januari 2012. SMP Azhari mengirimkan dua kontingen putra dan putri dalam kegiatan tersebut yang telah berlatih mempersiapkan diri sejak tanggal 3 Januari 2012.

 

Kegiatan KEMNAS II diadakan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu se Indonesia dalam rangka meningkatkan Ukhuwah Islamiyah antar sekolah Islam se Indonesia. Kegiatan KEMNAS II di isi berbagai kegiatan yang tidak saja berkaitan dengan kepramukaan tetapi juga berkaitan dengan keagamaan serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

 

Kegiatan KEMNAS II diadakan selama 4 hari 3 malam tersebut dibuka oleh kakak Kwartir Nasional Pramuka Bapak Azrul Azwar, dihadiri oleh tokoh Pramuka dan beberapa menteri serta utusan dari Negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Upacara pembukaan dilakukan dengan peluncuran roket air dan defile para kontingen termasuk dari SMP Azhari.

 

Kegiatan KEMNAS II diikuti kurang lebih 3500 peserta baik dari tingkat SD, SMP dan SMA se Indonesia. Tidak itu saja, KEMNAS II juga dihadiri oleh undangan dari Malaysia dan Thailand. Berbagai kegiatan seni juga ditampilkan dalam kegiatan pentas seni yang diadakan setiap malamnya.

 

Dalam rangka mempersiapakan acara KEMNAS II para siswa telah berlatih jauh-jauh hari dan mempersiapkan segala sesuatunya. Akhirnya kontingen SMP Azhari berangkat menggunakan mobil tronton TNI AD yang telah dicarter. Sebelum berangkat menuju KEMNAS II diadakan upacara pelepasan di sekolah dan pembacaan do’a.

 

Perjalanan selama menuju Cibubur ditemani oleh hujan ringan. Setelah samapi di Cibubur dan melakukan registrasi ulang maka seluruh siswa peserta Kemnas mulai melakukan persiapan pendirian tenda dibantu para guru pendamping yang menemani. Di dalam area perkemahan telah berdiri tenda-tenda dari berbagai sekolah dan daerah dari Aceh sampai Papua. Setiap tenda mencirikan khas daerah masing-masing terlihat pada gapura di depan tenda mereka. Hujan yang menguyur cibubur menyebabkan area kemah menjadi becek dan licin sehingga sedikit merepotkan para siswa.

 

Kegiatan hari pertama hanyalah berupa persiapan kemah dan juga gladi resik upacara pembukaan yang akan dilaksanakan esok pagi. Sore hari peserta kemnas menonton atraksi roket air yang diperagakan oleh tim dari PP IPTEK TMII. Malamnya para peserta Kemnas II disuguhi hiburan nasyid dari tim nasyid justice voice dan juga penasyid dari Malaysia.

 

Hari kedua diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri banyak tokoh seperti Menpora Andi Malarangeng, Walikota depok Nur Mahmudi, Perwakilan dari Malaysia, juga dari Kwarnas serta ketua JSIT. Upacara pembukaan ditutup dengan defile peserta Kemnas II termasuk kontingen dari Azhari Islamic School Lebak Bulus. Setelah pembukaan peserta mulai kegiatan rotasi diantaranya kunjungan ke Pangkalan TNI AU di Halim Perdanakusuma, pembuatan roket air, serta aneka lomba seperti lomba Tahfidz Juz 30, PBB serta pembuatan menara pengintai. Kegiatan rotasi ini dilakukan bergantian antara putra-putri peserta Kemnas II tersebut. Kegiatan rotasi dilakukan di hari kedua dan ketiga.

 

Ketika di hari pertama kondisi cuaca sangat mendukung walau angin bertiup cukup kencang, akan tetapi sejak malam hari kedua sampai hari keempat cuaca banyak hujan. Akan tetapi karena persiapan yang dilakukan telah jauh-jauh hari para siswa tidak kehilangan semangatnya.

Di hari keempat siswa melakukan persiapan untuk kembali pulang ke SMP Azhari. Persiapan ini cukup terkendala karena hujan yang mengguyur dari pagi cukup menyulitkan para siswa. Tetapi berkat bimbingan para guru pendamping siswa melakukan packing dan kembali ke sekolah pada sore harinya. Siswa peserta kemnas kembali ke sekolah dengan berbagai pengalaman dan semangat untuk kembali mengikuti Kemnas di kesempatan berikutnya.

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar