Uji nyali dan keberanian, supaya mandiri kini dan nanti

Outbound merupakan kegiatan yang berbasis petualangan di alam bebas yang memungkinkan peserta bersentuhan fisik dengan latar alam terbuka. Dari kegiatan ini diharapkan, lahir kemampuan dan watak serta visi kepemimpinannya yang mengandung nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, kepekaan, toleransi, kecerdasan, serta rasa kebersamaan dalam membangun hubungan antar manusia yang serasi dan dinamis.

Kegiatan ini dilangsungkan sebagai salah satu kegiatan sekolah di semester satu yang diadakan setelah puasa Ramadhan dan sebelum Ulangan Tengah Semester. Kegiatan ini bermaksud mengasah siswa dalam tiga aspek, yaitu kognitif (pengetahuan), afektif (sikap) dan psikomotorik (tindakan).

Kegiatan outbond SMP Azhari yang pertama ini mengambil lokasi di School of Universe Parung pada tanggal 24 September 2011, berlangsung dari pagi sampai sore hari.

Dalam kegiatan ini, siswa belajar dalam 3 bentuk permainan individual untuk melatih skill ketangkasan, ketahanan, dan keberanian yaitu Two-lined Bridge, Flying Fox, dan Blind Leader, dan satu permainan beregu, Water War. Dalam permainan-permainan ini, siswa juga ditantang untuk berfikir cerdas, namun juga harus memiliki kepekaan sosial.

Sebelum melakukan kegiatan outbond, peserta lebih dulu melakukan stretching untuk menghindari cedera atau sakit pada otot dan tubuh, dilanjutkan dengan kegiatan ice breaking dan grouping untuk mencairkan suasana dan pengelompokan agar memudahkan pengaturan peserta saat permainan.

Dalam kegiatan Two-lined Bridge, siswa harus memanjat untuk mencapai ketinggian letak rentang dua tali yang dijadikan jembatan untuk menyeberang. Kemudian peserta mulai menapaki jembatan tali tersebut dari satu titik, ke titik lainnya. Untuk memanjat sampai ke rentangan tali saja, siswa sudah harus mengeluarkan segenap keberanian dan kepercayaan dirinya. Ketika menyeberang jembatan tali, kekuatan dan ketahanan fisik.

 

 

 

 

 

Dalam Flying Fox, peserta kembali dihadapkan dengan ketinggian. Menaiki ketinggian tertentu untuk meluncur. Adrenalin siswa kembali berpacu. Dalam kegiatan yang berkaitan dengan ketinggian, siswa mengenakan perangkat pengaman webbing yang dijuga dilatih cara memakainya.

 

 

 

 

 

 

Di permainan Blind Leader, diuji kekompakan tim, rasa percaya antar teman, serta pemberian petunjuk. Siswa akan melewati berbagai jebakan yang akan memberi konsekuensi jika terjadi kesalahan. Basah dan kotor, dan kekecewaan rekan setim.

 

Setelah istirahat dan sholat Zhuhur, kegiatan dilanjutkan dengan Water War. Tiap kelompok menyiapkan amunisi berupa kantung berisi air untuk menyerang api grup lain. Kelompok yang berhasil membawa obor dan menyalakan obor di tengah arena, maka akan dinobatkan sebagai pemenang. Proses membawa obor sampai ke tengah arena bukanlah perkara mudah, karena kelompok lain akan berusaha memadamkan obor dengan melemparinya dengan kantung air yang mereka miliki. Strategi, kekompakan regu, serta ketepatan lemparan sangat penting dalam kegiatan ini.

 

Setelah berbenah dan membersihkan diri, peserta outbond SMP Azhari pulang ke sekolah. Alhamdulillah, pengalaman yang sesuatu banget.

 

 

Leave A Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Skip to toolbar